Kamis, 16 Januari 2014

Don't put all ur eggs in one basket



Di zaman sekarang ini, tingkat kriminalitas makin meninggi, kejahatan makin merajalela, banyak sekali aksi pencurian, perampokan, pembunuhan dan pemerkosaan . Berbagai macam motif yang mendasari aksi kriminal tersebut, diantaranya sakit hati, balas dendam, butuh duit dll.

Salah satu aksi kriminal yang akan saya bahas adalah perihal pembobolan kaca mobil. Kejahatan ini makin marak khususnya dipekanbaru dan kota besar lainnya, temen kantor udh tiga orang yang jadi korban. Pelaku membobol kaca mobil disaat yang punya mobil lagi lengah ato mobil lagi diparkir, sasarannya adalah tas, leptop atau barang berharga lainnya.

Dari penuturan teman  yang jadi korban  , dia parkir hanya sekitar 10 menit untuk makan siang disuatu tempat, mobil diparkir ditempat yang rame dekat jalan raya, begitu balik ke mobil , kaca tengah crv nya udh dipecah, satu tas kerja yang berisi leptop, ipad, paspor, flahsdisk, buku tabungan lenyap.

Tanggapan saya waktu itu? . masa sih malingnya bisa ambil disaat siang bolong, apa ga ketahuan orang sekitar, kok ceroboh bgt letakkan barang berharga dimobil, knp datanya ga di backup dulu dan bla bla..
kok bisa ya..
wait it until this happen to you..

Hari itu 14 januari 2014, jam 10.30 saya berangkat kekantor untuk ngeprint suatu file yang akan dbw oleh temen kjkt, sekitar 10.50 saya udh berada dikantor , yang ada hanya satpam yg baru bangun tidur. sepi sekali. Karena hari libur, pagar kantor ditutup, saya parkir di luar pager.

Saya masuk kantor dengan membawa 1 ransel , setelah ngeprint dll, temen saya datang dan langsung ngambil hardcopy tersebut dan dia langsung kebandara. Kemudian jam 12.00 siang saya keluar dari kantor dengan meneteng ransel , dan tas ransel tersebut sengaja saya taruh di kursi paling belakang. Kursi paling belakang selalu saya lipat, ranselnya tergelatak disana. Dalam hati, biasanya kan maling kalo ngambil di kaca samping, ga mungkin kalo dia ambil lewat kaca belakang kan susah.

Dari kantor saya menuju ke daerah rumbai, sebelumnya ngisi bensin dulu. Setelah bensin full, saya melaju ke rumah temen tersebut untuk melihat dia yang baru melahirkan. Saya parkir dari jam 12.40 - 14.00 dideket rumahnya ( 1 rumah setelah rumah dia), yang  terletak di jalan yang sempit, hanya bisa dilalui satu mobil.

Setelah dari rumah temen tersebut, saya singgah dulu ke salah satu ruko yang jualan jilbab yang berada masih didaerah tersebut. Toko tersebut berada di salah satu deretan ruko yang punya parkir luas, depannya langsung menghadap jalan raya.

Di toko itu hanya sekitar seperempat jam, kemudian saya meluncur lagi ke jalan nangka tepatnya di batam elektronik.  Jam 15.00 saya sampai di toko batam elektronik, parkir bukan didepan toko yang saya tuju, tapi dua roko disamping , karena memang lahan parkir yang tersdia hanya disana, lainnya penuh. Kira-kira setengah jam kemudian, barang yang dicari udh dapat, dan saya minta penjaga toko bawakan barangnya ke mobil, dan alangkah terkejutnya saya ketika mendapati kaca mobil seperti ini:
kaca kiri belakang dipecah

Saya langsung cek kedalam, dan bener saja  1 tas ransel kesayangan udh digondol maling.Astaghfirullah..

isinya apa aja: 1 leptop toshiba, 1 leptop macbook air, 2 external hardisk, 2 bh flasdisk, 1 modem dan beberapa surat2 lumayan penting.

langsung lemes, gemetar dan nanya-nanya ke sekeliling
yang pertama tukang parkir: "saya ga tau, ga ngelihat ada motor masuk , ga ngelihat ada orang ngebobol, kalo ada pasti sy larang" ,dan dia santai aja ngelanjutin kerjaan dia lagi, tanpa bertanya apa yang ilang

yang kedua tukang bangunan yg lg kerja didepan ruko: "saya ga tau, dari tadi kerja, ngebelakangin mobil, ga merhatiin apa-apa".

yang ketiga orang2  penjaga toko batam elektronik: saya ga lihat

dan orang2 disekitar sana saya tanyain sama juga pada jawab "ga tau"

oke, semua bilang ga tau dan ga ada yang melihat.
langkah pertama: langsung ambil foto-foto kejadian

mobil avanza hitam parkir  di 2 roko setelah tempat yg tuliisannya toshiba itu

roko dibawah canopi itu jual baut-baut dan ruko dengan pintu coklat itu lagi tutup


sebelah ruko yang lg tutup itu, ada tukang-tukang yg  lagi renovasi ruko,

ruko yg di renovasi, 1 ruko setelah saya parkir

ruko yang berpintu hijau yang punya cctv


penampakan dari depan, jalan raya dua arah

dengan batere hp yang sekarat saya langsung telpon kk ipar yg  tinggal dipekanbaru dan dia lagi dalam perjalanan dari padang ke pekanbaru, dia menyarankan langsung ke kantor polisi terdekat., karena nanti surat kehilangan pasti diperlukan untuk laporan pengurusan surat yang hilang. 

Setelah foto-foto, saya langsung ganti profil pic bbm, seperti dugaan banyak bbm masuk yang berakibat batere hp makin sekarat damn. Kemudian langsung bbm bos, mengabarkan kejadian ini. Si bos ngutus kemanan kantor ke lokasi, tapi karena hp saya mati jadi ga ketemu2,

Setelah itu saya langsung tancap ke kantor polisi, nyampe sama pukul 16.00, buat laporan , dimintain ktp disuruh cerita dll, setelah dia ngetik surat nya , saya diminta ke lantai tiga untuk menyerahkan surat tadi.
Disana ada beberapa orang bapak-bapak polisi dan saya bercerita kembali. Kemudian mereka bertanya apa ada orang yang dendam, apa punya musuh, sampe dituduh apa ada cinta segitga . yang terakhir sangat ga masuk akal.,  sampe akhirnya mereka mau melihat tkp.
Sebelumnya diambil sidik jari yang nempel di mobil dulu di kantor polisi

perlengkapan pengambilan sidik jari

jadi ngambil jejak cuma pake kuas yang udh ada serbuknya

tadi ada pegang-pegang ini ga? waduh lupa pak, sptnya iya, ada yang ngelihat juga tadi, 
ya gpp lah tetap diaambil aja ujarnya.

kemudian bersama polisi kita ke tkp. pake mobil yang kaca nya udh bolong tadi dan disupirin sama seorang wanita yang lagi panik karena data-data yang ilang itu penting semua. damn you pencuriii.

sesampainya dilokasi, bapak polisi tadi langsung menju toko yang ada cctvnya, minta ijin kelantai atas melihat kedalam. saya tunggu aja dibawah mobil. ga berapa lama  saya dipanggil ikut keatas dan mereka melihatkan hasil cctvnya.

Alangkah terkejutnya saya, ternyata yang ngambil itu pake mobil avanza juga, kirain pake motor. Terlihat  mobil pelaku parkir ga lama setelah saya parkir, persis dipepetin sebelah mobil saya, kemudian dia keluar dari mobilnya tanpa matiin mesin mobil, tanpa melongkok dulu kedalam mboil lansumg pecahkan kaca belakang dengan sekali hentakan, langsung ambil tas, dia masuk mobil lagi, langsung mundur dan kabur tanpa membayar parkir.

pertanyaannya: kenapa alarm mobil ga bunyi, kenapa orang sekitar ga ngelihat, kenapa dia ga bayar parkir, kenapa aksinya cepet banget, kenapa bisa 1 tas ransel itu isinya 2 leptop dan semua data2 ada disana , kenapa bisa ceorboh, kenapa pelaku pake mobil padahal jalan depan itu macet, kalo ketahuan gampang banget ngejarnya. kenapa oh kenapa

dari rekaman cctv saya berkesimpulan udh dibuntutin sama pelaku, tapi dimana ya? kalo dia buntutin dari kantor itu kan kelamaan, saya keluar dari kantor jam 12an, mungkin dirumah teman, tapi kenapa dia ga langsung ekesekusi aja kan tempatnya sepi, atau di toko atau dari rumah (jangan dari rumah ya Allah). takutttt

Sekitar jam 19.00 malem, kami (saya dan tiga org polisi) meluncur ke kantor polisi lagi untuk di bap. Jadi polisinya ngetik dengan leptop ngajuin pertanyaan saya menjawab. nati setelah selesai disuruh baca lagi dan kalo udh yakin dengan jawabannya ditandatangi, dan proses selesai. Ga pake bayar sedikitpun. Selesai di bap sekitar jam 20.30. Semua saya hadapin sendiri, kepala kemanan kantor baru datang lima menit sebelum selesai akibat hp yang sekarat td.

Rincian barang yang hilang:
1. Toshiba adalah leptop salah satu proyek saya dulu ,udh cukup lama, hanya dipakai jika membuka salah satu program yang ga bisa kebuka di mac ato ngeprint excel yang filenya gede  lbh kenceng ngeprint pake leptop ini..

2. Macbook air 13 inc adalah leptop sehari-hari saya, lebih lama menghabiskan waktu sama dia daripada sama kasur. dipake udh hampir 2 thn, udh pernah  jatuh juga 2 kali saking tipisnya jd ga kelihatan berada ditumpukan buku, hiks. bagian ujungnya udh patah dikit. Leptop ini sangat oke dipake buat bikin presentasi, tapi ga oke kalo diajak ngeprint  excel yang rumusnya ngelink sana sini. ini menurut saya lo, tapi menurut temen malah kencang pake mac.

3. Hardisk external hitam, isinya backup data dileptop lama ,  bisanya ditinggalin dirumah selalu.

4. Hardisk external silver, ini baru beli 2 bulan yang lalu  karena niatnya untuk backup data macbook. semua data udh dipindah kesini dan mau ngerapiin.

5. Flashdisk hitam, ini lumayan awet ga ilang2.
6. Fflashdisk cocacola, ini beli pas liburan kemaren niatnya mau dikasih kteman, oleh2
7. Modem, ini baru beli bersamaan dengan hardisk external silver, sebagai pengganti modem lama yang udh patah. *ganas banget sih mba pake barang*

8. Tas ransel abu-abu,  tasnya kerennnn bgt, baru beli juga sekitar 4 bulan yang lalu
9. Bon2 pembelian,pengambilan sertifikat dll.

Yang sangat penting tentu saja data-data didalem semua itu, ada data-data semua kerjaan,data-data kuliah, scan2 semua dokumen penting, ada foto2 dari sejak tahun kapan, ada curhatan-curhatan, ada dreamlist, ada banyak ilmu2, presentasi2, draft postingan blog juga ada disitu dll

Sebernya saya udh hati -hati sejak kejadian  yang menimpa teman kantor, dan sering juga dingatkan sama keluarga perihal pembobolan kaca mobil, karena temannya dipadang juga banyak yg jadi korban. Ketika parkir mobil, saya selaku meletakkan macbook air dibawah kolong kursi depan, tapi karena sarungnya ketinggalan dipadang jd sayang diletakkan begitu aja, akhirnya dimasukin keransel, hardisk extertenalpun biasa saya tinggal dirumah, tapi karena baru pindahan dari padang, semua saya tumpuk jadi satu di ransel.
Ini karena lagi apes, kok ya satu tas diisi dengan semua gadget dan data. Dont pull all ur eggs in one basket ;'(

Dan jujur saja, begitu proyek sy dipadang selesai, saya kepengen banget minta beli leptop lagi, karena kerepotan dengan pake 2 leptop, beli sendiri juga ogah ga ada duit. Macbook air memang keren, tp ga compatible sama beberapa program yang saya perlukan. kalo kerjanya hanya berkutat di excel , word dan powerpoint oke pake ini , apalagi bikin presentasi enak bgt.

mungkinkah ini yang harus dibayar, dapet leptop baru lagi tapi leptop lama dan semua data hilang.hiks
Banyak yang saranin  lihat ke "orang pinter" tp blm saya lakukan, yang bisa dilakukan berdoa semoga barangnya balik, tapi malingnya balikin kekantor aja atau kasih ke polisi. aku takutt.

Nilai moralnya: 
-jangan taruh tas ato barang berharga di mobil ato simpen ditempat yang tidak kelihatan, walo ga ada isinya kan bisa aja kacanya dipecah,
- rajinlah backup data dan simpen ditempat terpisah dengan leptop
- pergunakan penyimpanan di server , nah ini saya masih gaptek
- parkir mobil sebisa mungkin ditempat yang deket cctvnya, kmrn saya parkir ditempat cctnya agak jauh, jadi ga bisa zoom plat mobil pelaku
- ada yang mau nambahin?

Utuk teman-teman hati hati ya, jangan lengah, kata bang napi :  kejahatan bukan saja karena ada niat tapi juga karena kesempatan. waspadalah waspadalah.
 

masuk koran















































































4 komentar:

Arman mengatakan...

sorry to hear that... :(

emang kalo tas di mobil itu mengundang banget. kalo emang mesti ninggalin tas di mobil, mendingan ditutupin something...

doena mengatakan...

@arman biasanya ga pernah seceroboh ini. tambahan lagi, sebaiknya leptop diinstal software pelacak lokasi

icit milanisti mengatakan...

apa ada cinta segitiga, mbak doe?

#mengulangpertanyaan

doena mengatakan...

@icit saya masih jomblo pak *kemudian nangis*