Sabtu, 17 April 2010

Outbond

Udh kebayang serunya begitu ngeliat "Outbond" ada didalam salah satu mata pelajaran yg akn kita terima di sebuah training yg diikuti selama 1 bulan kemaren. Awalnya sempet underestimate kok outbondnya hanya dari jam 08.00 - 12.00,trus siangnya masih ada kelas lain lagi, apa ga tepar.

Dulu tu saya pernah outbond juga tapi dilatih sama tentara,banyak games2 yg menguras tenaga, ada manjat2nya,turun tebing, masuk sungai dll, habis outbond langsung tepar deh.Tapi kenyataannya outbond kali ini tu beda,banyak games2 kreatif, ga nguras tenaga, en lucuuuu bangett, asli ketawa mulu,pokonya fun fun and fun. Kita memang menghire orang yg expert dioutbondnya. Recommended deh buat yg mau ngadain acara serupa..

Peserta sekitar 30 an, trus dibagi 3 kelompok. Tim pelatihnya ada sekitar 4 orangan..
Nah ini diantaranya games2 yg masih saya inget

1. Senam

Sebelum mulai gamesnya kita pemanasan dulu, ya sejenis senam2 kecil gitu tapi ini tu jelas beda dengan senam jenis SKJ,poco2 dan lainnya. ga ngebosenin, dan pengen senam lebih lama:).


Ada senam jari, senam mulut, senam coconut, dan gerakan-gerakan kreatif lainnya lainnya. Kalo senam gini diterapin di perusahan2/pns dijamin ga ada yg kabur de, pura2 sakit ato apalah gitu.




2. Chicken Dance

Artinya tarian ayam, tapi memang gerakan dan musiknya ayam banget deh. Coba disearch sendiri di youtube.iya iya tadinya mau sekalian diupload ke blog ini,tapi ga berhasil dari kemaren kemaren*gaptek*


Ternyata di amerika sana, chicken dance ini cukup populer, dipesta2 sering menari ini. Musiknya lucu,seru.
Chicken dance pernah juga dilakukan di kelas, disaat semua trainee lgi ngantuk, nah trainernya nyuruh kita sekelas nari ini, tinggal hidupin winamp trus nari deh, gerakannya sangat sederhana , cuma sekitar 10 menitan. Habis nari ini ngantuk ilang dan bikin kita kembali berenergi


3. Marina

Nih liriknya:
"Marina menari di menara, di menara marina menari,marina menari,menari dimenara , marina menari di menara."
Lagunya simpel, tadi jadi ribet kalo nyanyi pake gerakan, Misal kalo bilang marina, badan maju kedepan, menari badan maju kesamping,menara maju keatas, trus nyanyiin deh lagu ini,bikin pusing kalo cepet2 . Sebenernya gerakannya bukan itu, duh udah lupa cing. intinya menyanyi sambil pake gerakan.




Waktu main marina ini kita disuruh bentuk lingkaran, foto disamping ini adalah yg kena hukuman waktu games apa gitu ya.. lupa..



Selain lagu marina , ada lagi menyanyi menggunakan gerakan. Waktu itu lagunya "disini senang disana senang". Tapi kali ini menyanyikannya butuh konsentrasi tinggi. Coba praktekkan sendiri gerakannya ya:


waktu kata "disini": jari tengah dan telunjuk tangan kiri diangkat spt gambar dibawah, trus yang tangan kanan jarinya nunjuk yang tangan kiri tersebut. (perhatikan gambar dibawah)


waktu kata "senang": gantian tangan kanan yang membentuk swear gitu trus tangan kiri yang nunjuk.
Gerakannya cuma dua ini, dilakukan silih berganti sampe nyanyi habis.Gimana udh ngerti?.., nah skrg cobalah bernyanyi lagu disini senang disana senang pake gerakan itu


Gimana agak2 ribet kan awalnya , pasti salah2 gitu ya :p



4. Mencari stiker

Awalnya semua kelompok disuruh buat lingkaran , ntar teman yg dibelakang nempelin stiker dibagian belakang tubuh temennya bisa di punggung, di celana ato tempat2 yg sulit dijangkau sebanyak 5 buah


Setelah semua tertempel sempurna, masing2 kelompok harus mengenali anggota kelompoknya. Karna tugas berikutnya adalah merebut stiker2 putih yg ada dibelakang tubuh kepunyaan kelompok lain.Stiker yg berhasil direbut nantinya ditempel ke tubuh bagian depan. Jadi yg direbut itu adalah stiker yang tertempel dibagian belakang,bagian depan ga boleh direbut lagi .Nah nanti dihitung, kelompok mana yg berhasil mengumpulkan stiker terbanyak.

1..2..3.. run run run..

Seru..


5. Bermain bola kasti


Sekelompok membentuk duduk seperti lingkaran, kemudian dibagiin masing2 dua bola kasti, satu ditangan kanan dan satu ditangan kiri. Nah Kedua bola kasti ini dilempar ke temen yang sebelah kanan, dan kita sendiri harus menangkap dua bola kasti yang dilempar oleh temen sebelah kiri.Jadi bola kasti yang ditangkap tadi harus ada ditangan kiri dan ditangan kanan.Kebayang kan? Syg ga ada fotoya pas bola dilempar.

Biar games ini sukses kita harus dengerin peintah sang ketua, trus harus memberikan lemparan yg sebaik2nya kepada temen berikutnya. Kalo dibawain ke dunia kerja ya kira2 tidak boleh egois, kerjasama tim dll





6. Mengisi Paralon Bocor

Perintahnya adalah mengeluarkan sebuah bola yang ada didalam paralon yang bocor ini, dengan mengisinya dengan air sampe bola itu keluar. Ya ampun itu paralon lubangnya banyak bener, kita yang besepuluh aja ga bisa nutupin tu lubang2nya. Untung kelompok lain juga ga ada yg berhasil.


Segala taktik udh dicoba, mulai dari konsen nutup bagian bawahnya aja, trus lubangnya ditutupin baju , trus nutup pake kaki,perut juga, bahkan yg terakhir kita diperbolehkan masukin paralonnya ke dalam kolam renang ini, tapi tetap ga berhasil. Jangan2 selama ini juga belum ada yg berhasil ngeluarin bolanya *curiga*

Nlai moralnya: Kerjasama tim, semangat rela berkorban (ada yg rela jadiin bajunya nutupin lubang, basah2 dll)...

7. Mencari Koin



Koin koin disamping mungkin sekitar 18 buah apa y, lupa ding. Akan dilempar ke kolam renang dibawah ini:


Tugas kita adalah mengumpulkan kembali koin2 tersebut dengan waktu yang secepat2nya..


Seger banget begitu masuk kolam, hasrat terpendam renang saya terlampiaskan sudah:p


8. Melewati rintangan

Tugas kita adalah ngelewatin rintangan2 berupa kayu2 yang sudah terhubung sedemikian rupa dengn tali2 yang menyatu dengan ember diatas itu dengan mata tertutup. Permainan ini dilakukan ber dua dua, satu yang duduk dibawah ember yg berisi air dan satu lagi yang disuruh ngelewatin rintangan ini dengan mata tertutup.


Tugas yang duduk ini adalah mengarahkan temannya agar berhasil ngelewatin rintangan2 ini, karna sedikit aja tali ini kesenggol, itu ember akan tumpah mengenai si tukang arah ini. Tali ini terhubung sedemikian rupa dengan kayu-kayu itu, begitu kaki kena kayu, tali akan bergoyang. Jadi ini tergantung banget sama yg tukang arahin..



Nilai moralnya: Berkomunikasi dengan baik,Hati2 dalam memberi perintah, Kerjasama dll


9. Melintasi Ranjau

Ceritanya kita diminta untuk melintasi suatu daerah yang digambarkan dengan batasan2 dirumput itu, Untuk lewat sana tidak boleh menyentuh rumput dan tali yang dipasang melintang, yang dianggap sebagai ranjau,jadi kalo ada tali itu harus dilompatin atau jongkok, tiarap biar ga nyentuh badan. kita diberi bantuan berupa karpet petak sebanyak 5 buah.



Semua anggota kelompok harus berhasil ngelewatin itu, dan orang yang paling belakang harus mengambil kembali lagi karpet-karpet tesebut. Jadi satu karpet kecil bisa diinjak 3-4 org tergantung strategi.


Nilai moral permainin ini ya kerjasama, kemampuan mengatur strategi, mempimpin kelompok dll


10. Rintangan bola

Coba perhatikan lapangan dibawah ini




Nah ada sebuah lapangan yg didalamnya ada bola2 kecil, bendera2 , kita diminta lewat disana sampe ke garis finish tanpa menyentuh bola2 /bendera yg dianggap sbg bom tersebut dalam keadaan mata tertutup dan membawa bola besar juga yang tidak boleh jatuh.




Nanti ada ketua kelompok yang ngasih arahan biar sampe finish tanpa menyentuh bom2 tsb, tentunya mata sang ketua tidak tertutup spt anggotanya..


Jadi talinya harus bener2 tegang biar bolanya ga jatuh. Kalo talinya kendor nanti ada yang teriak buat berhenti dulu, trus sang ketua mengarahkan tali siapa yg harus ditarik dll.


11. Buldozer

Ini games terfavorit sy, lucu banget .Ini main cepat2 an siapa yg sampe ke garis finish duluan. Jadi start dan finishnya ke garis yang sama. Satu kali bolak balik gitu.


aturan mainnya dari awal start masing2 kelompok masuk kedalam plastik terpal ini.

1..2..3 mulai..



Games ini memang persis bulldozer. Semua anggota harus tetap berada didalam plastik, kemudian berjalan ato berlarilah secepat mungkin hingga menyentuh garis yg sudah ditetapkan.

Setelah bulldozernya nyampe di garis itu, maka dilanjutkan dengan permainan ranjau seperti diatas tadi. Sekelompok dikasih kapet 5 buah. Dan cepat-cepatan nyampe ke garis finish. Heboh bener pas nyampe garis keluar plastik dan buru2 ambil karpet..Serru


Peserta terakhir harus ngumpulin lagi karpet2 tesebut, yang tercepatlah pemenangnya..



12. Menyelamatkan lilin

Ini games yg terakhir di acara ini, semua kelompok digabung jadi satu. Jadi ada sebuah lilin yg akan dipergunakan untuk membakar tali diujung sana. Jadi lilin itu harus dibawa ketempat tali itu dengan melewati suaru rute yang berupa lapangan yang sudah digaris.



Rintangannya adalah, diluar garis akan banyak oang2 yang akan berusaha membuat lilin itu padam, yaitu dengan melempar sesuatu, menyiram dengan air atau lainnya. Nah tugas kita semua meyelamatkan lilin itu.


liat para pelatih nyiram pake slang,ember dll


Strategi bermain ini, yang berbadan besar dan tinggi ditaruh disisi luar, yang kecil2 disisi bagian dalam. Didalam lingkaran orang2 inilah lilin itu berada

Nah akhirnya kita berhasil juga menggiring lilin itu sampe ke tali yang dimaksud, membakar tali tersebut......



dan kemudian talipun terbakar dan keluarlah sebuah slogan...

TOGETHER WE ARE STRONGER
yeah...


Yaa demikianlah cerita outbond yang seru ini. Walaupun cuma setengah hari tapi sangat menghibur sekali. Buat yang mau ngadain outbond juga pake deh jasa lembaga outbond ini, direkomendasikan deh..

Btw,dua bulan lagi saya harus balik lagi ketempat ini , tentunya bukan buat seneng2 lagi, tapi dalam rangka presentasi tesis yg dibuat. Dohh sampe sekarang aj belum dapet inspirasi mau bikin apa..















4 komentar:

Unknown mengatakan...

mana yang paling ganteng don? *eh

doena mengatakan...

semuanya *loh..

btw gimana cara ngedit tanggalnya ya, harusnya pake tanggal sekarang, 4 mei 2010. tanggal 17 april itu baru bikin judul doang, belum nulis2..

Unknown mengatakan...

di opsi entri bisa di edit..

doena mengatakan...

manahh?di edit entri hanya bisa ngedit tulisan doang, ga ada pilihan edit tanggal..piye iki