Sabtu, 11 Mei 2013

mammae


Kanker payudara adalah penyakit yang paling ditakuti wanita. Penyebabnya belum bisa dipastikan.  Bnyk yg bilang sering makan vetsin juga akan mempercepat/menimbulkan kanker. entahlah

Di twitter pun banyak sekali berseliweran informasi perihal kanker payudara. Sebagai wanita, tentu saja  link tersebut tak pernah saya lewatkan.


Hasil gugling:



Faktor-faktor resiko kanker payudara:

- Memiliki anggota keluarga yang menderita kanker payudara (ibu, nenek, saudara perempuan)
- Menstruasi pertama pada usia muda, menopause yang terlambat
- Wanita yang tidak punya anak atau melahirkan anak pertama pada usia 30 tahun
- Pernah terdapat tumor atau kanker payudara sebelumnya
- Medapatkan terapi pengganti hormon jangka panjang

Ciri-ciri kanker payudara:


  • Benjolan pada payudara dapat berupa penebalan atau mengerasnya bagian dalam payudara yang terletak di area payudara dan/atau bawah ketiak, tanda-tanda ini dapat diketahui dengan perabaan. Baca juga : SADARI
  • Bengkak pada payudara, terasa hangat, kemerahan.
  • Perubahan ukuran dan bentuk payudara yang dapat terlihat tidak sama kanan dan kiri (tidak simetris).
  • Perubahan pada kulit payudara menjadi berpori-pori besar dan kasar (kulit payudara seperti kulit jeruk).
  • Puting susu menkerut, tertarik ke salah satu sisi, atau seperti tertarik ke belakang.
  • Keluar cairan dari puting susu.
  • Rasa sakit pada area tertentu pada payudara yang tak kunjung hilang.
  • Sumber : http://mediskus.com/penyakit/ciri-ciri-kanker-payudara.html#ixzz2T2orG4bP 

    Habis baca ciri-cirinya,full yakin, benjolan payudara saya normal. 

    Iya, di payudara kanan  ada  benjolan, dipegang ga sakit sama sekali. Dan benjolan ini pun sudah ada sejak zaman dahulu kala, waktu sma pun ada sepertinya. Jika bercermin,benjolannya ga kelihatan , payudara kiri dan kanan pun tidak berbeda. Karena ga nganggu, ya dicuekin aja. tp  kenapa kerasa semakin besar..

    Lanjut gugling dari sumber lainnya, ada yg menyebutkan ciri-ciri kanker payudara itu awalnya ada benjolan dan tidak sakit.


    Deg....deg...deg


    Atas desakan keluarga, akhirnya saya pun berangkat cek ke dokter spesialis onkologi (ahli bedah tumor/kanker) yg sudah senior di kota padang.


    Praktek dokter spesialisnya buka jam 7 malem, tpi dari paginya kita udh bisa daftar, ada papan nama yg digantungkan didepan pintu.


    Sewaktu mendaftar, tak sengaja ngelihat gambar-gambar serem di balik krai pintu kaca yg tersingkap. Oh My..






    Lewat dari jam 7 malem, kembali ke lokasi praktek dokter, masuk keruangan
    dan.. ternyata didalem banyak sekali foto-foto seremm itu ..
    Foto-foto berbagai jenis kanker yg ditangani si dokter , di tempel di seluruh dinding.



    ini foto-foto kanker payudara dari stadium awal sampe lanjut.


    Perasaan makin deg-deg an ditambah lagi dengan ngelihat pasien-pasien disana. Rata-rata ibu-ibu berumur diatas 40 an, dan mereka udh kehilangan payudaranya dan tak segan pula ngelihatin  bentuk dada  yg payudara udh diangkat. *makin stresss*


    Singkat cerita, nama pun dipanggil, setelah di cek pak dokter  ternyata....

    Ini tumor payudara, dan sudah besar sekali, jalan satu-satunya harus dibuang.
    *Nagissss*
    Dokternya memang tegas banget,
    Apakah ga ada jalan lain dok? minum obat , suntik atau apalah selain operasi
    Ga ada, kalo mau sehat ya dibuang

    Apa ini berbahaya dok?

    Prediksi saya ini tumor jinak. Akan tetapi , untuk tahu tumor ini ganas apa engga harus di operasi, setelah itu hasil nya di cek di labor. 

    Lutut langsung lemess, mual dan stres


    Ga pernah kebayang kalo dikehidupan saya ada bagian cerita " operasi" dirawat di rumah sakit dll. Saya paling anti banget dengan obat-obatan, sakit demam tinggi aja cuma minum air putih banyak2, prinsipnya biarkan antibodi tubuh dulu yg bekerja, walo sembuhnya lebih lama. Makan makanan yng mengadung vetsin pun ga sering, iya sih suka ayam kaepci tapi kan ga tiap minggu.

    Dan yg paling mengejutkan lagi, ternyata setelah diperikasa tumor nya ada di payudara kiri dan kanan, selama ini yg kerasa banget ya di kanan. 

    Kemudian dokternya ngasih rujukan untuk usg. 

    Masih berharap hasil usg membuktikan kalo itu ga perlu dibuang, eee ga taunya info asisten doker, usg itu nanti untuk mengecek apa masih ada lagi tumor lainnya selain perkiraaan dua buah tadi. *makin lunglai*.

    sempat kepikiran mau cari second opinion, berobat ke luar spt dhita, tapi keluarga saya ga ada yg setuju, menurut mereka ,dokter ini
     udh berpengalaman  puluhan tahun, mungkin terbaik di kota padang. Dan infonya ,dokter ini sangat expert  meng operasi tumor fam, mungkin saya orang ke se ribuan yg udh dioperasi oleh dia *lebay*.

    Proses usg


    Dokter yang nge usg nya cewek dan ramah sekali. Saya diminta berbaring , kemudian payudara di taburi sesuatu semacam jel gitu, tus alat usg nya di jejalin di sekitar payudara dan berhenti lama di daerah yang benjol. 


    "ini sepertinya tumor dan memang harus dibuang, tapi kamu ga usah takut, operasinya ga sakit sama sekali. lebih baik tau sekarang daripada sudah parah. 95% penderita kanker payudara , mereka baru sadar sebagai penderita setelah memasuki stadium lanjut." 


    Hasil usg langusng keluar saat itu juga, kemudian  dibawa ke dokter spesialis onkologi , akhirnya belia merujuk ke rumah sakit untuk operasi.


    Prosesnya cepet banget. 

    Jumat cek ke dokter, Sabtu USg, Senin ngasih hasil USG dan selasa langsung operasi.
    Mungkin juga karena operasi di rs swasta

    Proses operasi


    Jam 8 pagi saya udh berada di lokasi rumah sakit, menunggu beberapa menit kemudian diambil darah. (terakhir di suntik waktu sd sepertinya)


    Setelah itu diminta puasa 6 jam, jam 3 an di operasi. 

    Jangan ditanya se deg deg apa rasanya pas memasuki ruangan operasi. hhh



    sumber dari sini


    Jam 2 udh berganti pakaian, hanya pake celana dalem trus dikasih sarung, atasannya baju rs. Disuruh berbaring, tangan telentang, kemudian datanglah dokter yg akan menyuntikkan bius , awalnya di infus dulu, dipasang oksigen kehidung,biusnya disuntikkan ke selang.

    kemudian tak sadarkan diri..


    Kurang dari sejam..

    tersadar udh berada diluar ruangan operasi, dada udh diperban ,dan ngerasa haus dan leperrrrr berat.

    Dikasih lihat hasil operasi:





    yg dibotol tumor di payudara kiri, yg dipastik di payudara kanan ( karena besar dan ga muat dibotol)



    gimana rasa operasinya? ya ga sakit sama sekali karena dibius.


    Lama di rs sekitar 2 hari, selama di Rs tiap hari disuntik antibiotik, dikasih obat sebiji, dan  infus hanya sehari aja

    Trus ga boleh mandi seminggu. jrenggg
    mandinya ya dari puser ke bawah


    Pasca Operasi

    Obat untuk pulang ada 4 macem..


    Pantangan makanan ga ada, banyak yg bilang ga boleh ikan asin ato lainnya. kata dokter itu ga bener, semuanya boleh dimakan asal jangan berlebihan.


    Hari pertama, kedua setelah operasi masih terasa ngilu-ngilu..
    Operasi sekitar selasa, hari kamis udh dibolehin pulang dan dikasih surat sakit sampe senin.
    Mungkin karena operasi kecil.


    boleh lari-lari ga dok? jangankan lari lompat , ngegendong orang aja boleh * lebay*



    Sekitar seminggu, hasil lab keluar, saya antar ke dokter dan alhamdulilah hasilnya tumor jinak, dan tidak memerlukan tindakan lebih lanjut.



    Trus apa yang memberanikan diri buat operasi?

    Hasil baca-baca blog, nanya-nanya ke orang yg operasi serupa, belum lagi baca- twitter org habis operasi, kayanya mereka santai banget.

    apalagi ternyata gisella  gading martin juga baru oprasai fam itu. 

    Jadi postingan ini saya buat untuk yng mengalami penyaki serupa, jangan takut , dari mulai operasi sampe buka jahitannya pun ga sakit.


    Jika yang ditakutkan, apakah payudara akan berubah bentuk?jawabannya tidak,pasca operasi bentuk payudara sama aja seperti sebelum operasi, bedanya ada bekas.  bekasnya pun hanya seperti luka gores. nanti dikasih salep penghilang jejak.


    dan juga tidak berpengaruh dengan apakah nanti bisa menyusui ato engga.


    Percaya obat tradisional?

    lebih milih dokter sih, karena mereka udh sekolah mahal-mahal.
    bukan meremehkan obat tradisonal juga ya . Apalagi ada temen cerita, awalnya hanya tumor, trus berobat ke tradisional minum ini itu, hilang trus ga taunya tumbuh dan menjadi ganas. ada juga yang berhasil dan ga tumbuh-tumbuh lagi.


    Informasi dari blog lainnya:

    "FAM (fibroadenoma mammae) diturunkan ratingnya dari tumor menjadi kelainan pertumbuhan payudara (lihat ANDI). Karena itu FAM, aman,  tidak mengganggu fungsi payudara seperti menyusui ataupun hamil.
    Tidak ada satu pemeriksaan apapun apakah USG atau mamografi yang dapat membedakannya 100%. Hanya operasi yang dilakukan untuk mengambil contoh jaringan (biopsy) dapat melakukannya.

    Andaikata FAM, tidak ada pengobatan yang diperlukan. Andai kanker payudara, percayalah di stadium dini ini, ia bisa disembuhkan."



    Setelah operasi bukan berati aman dan ga akan tumbuh lagi ya, ga bisa diprediksi.

    Yg bisa dilakukan adalah berupaya hidup sehat, rajin berolah raga, jangan makan-makan yg mengandung msg. say no to kaepci..


    So ladiess sering-sering periksa payudaranya ya..










    catt: lnfo biaya yang dikeluarkan 
    1. Cek awal ke dokter spesialis: 100 rb 
    2. Ke Rs USG : 250rb
    3. Liatin hasil ke dokter spe+cek : 100rb
    4. Operasi : 14,4jt ( nginep 2 hr , kelas 1 Rs swasta, include obat, hasil lab dll)
    5. Buka jahit ke dokter spesialis+cek: 100rb
        Dikasih obat2 : 7oorb
    6. Ke dokter spesialis antar hasil obat+ cek ; 100rb
        Dikasih obat lg Rp. 50rb , tp sy ga ngambil, krn obat yg lama masih ada dan hanya obat    penghilang          rasa sakit.
     Total: sekitar 15,5jt
    Ini untuk rs swasta, kalo rs negeri sepertinya bisa di 6jt an
        























    17 komentar:

    Arman mengatakan...

    moga2 sehat selalu ya...

    doena mengatakan...

    makasih :)

    alwaysalia mengatakan...

    apaa?! lo operasi??? kapan? kok gak bilang2?

    *btw ikut deg2an dan ngilu2

    doena mengatakan...

    iya al, udh sebulan an . dengernya ngerii ya
    tp ternyata udh bnyk bgt yg operasi spt ini.

    Anonim mengatakan...

    Sist, operasinya di mana dan sama dokter apa??? Ibu saya juga di diagnosa kena kanker payudara. Tlg sharing ya, sist... trims.

    doena mengatakan...

    anonim: di email aja ya ke doekarisfa@yahoo.com.
    tomor beda sama kanker. kanker adalah tumor yang ganas.

    tp ga ada yang bisa mastiin seberapa cepat dari yg jinak berubah jadi ganas. bisa jadi jinak selama lamanya, ato dalam hitungan hari bisa berubah ganas.

    kalo udh terdeteksi kanker, kenaikan stadium nya cepet bgt . cepat ditindaklanjuti aja ya

    smg ibunya cepet sembuh


    silvia irani mengatakan...

    akku juga sma prnah ngalamin operasi FAM 2 tahun yg lalu..
    alhamduilllah skarang udah smbuh :)
    cpet smbuh juga ya say :)

    doena mengatakan...

    silvia: makasih say

    Melati Permata Hati mengatakan...

    makasi, berkat baca postingan ini sy jadi lebih bersemangat untuk operasi. cerita awalny, sama dengan yg sy alami :)

    Lili Suwardio mengatakan...

    Bs hbs biaya brp ya mbak operasi bgn?

    doena mengatakan...

    @melati : :)

    @lili: ada di bagian bawah

    Putri Nawangsari mengatakan...

    Mba boleh tahu nama dan tempat praktek dokternya?, mohon email ke dedymasnur@gmail.com, terimakasih

    ana mengatakan...

    Sis, dokter onkologi nya siapa? Prof.yg di depan BCA y? RS mana y? Saya juga berencana op dengan kasus yang berbeda.. tolong informasi nya ya sis. . Makasih..

    doena mengatakan...

    hi ana dan putri

    dokter azamris
    operasinya di rs selaguri padang

    Drmoonshelan mengatakan...

    Alamat tempat praktek drnya dmna kak?

    Drmoonshelan mengatakan...

    Alamat tempat praktek drnya dmna kak?

    Drmoonshelan mengatakan...

    Alamat tempat praktek drnya dmna kak?