Minggu, 06 Oktober 2013

Kunjungi baitullah selagi muda (part 1)

Mumpung mau lebaran haji cocoklah membahas tentang wisata rohani :) .
Ini akan jadi ceritaa yang panjang juga padahal postingan yang ini aja belum tuntas ;p

Berawal dari respon nyokap ngelihat foto-foto liburan ke phuket yang penuh dengan bule bule berbiki ria

terdampar di phi phi island
kirain bakal direspon "wah keren pantainya" eh malah dikatain : lebih baik umroh daripada wisata lihat orang orang telanjang , yang ada dosa. *jleb*, kalo umroh bisa wisata rohani juga plus dapet pahala. *merenungg*
iya juga ya, tapi gimana lah namanya juga anak muda preet pasti pengen ngelihat gemerlapnya dunia luar.

Semua umat muslim didunia pasti  menginginkan suatu saat nanti bisa ke baitullah, bisa sholat di mesjidil haram langsung menghadap kakbah  ,yang pahalanya 100ribu kali lipat sholat dimesjid lain. Alhamdulilah akhirnya di awal juni kemaren, saya berkesempatan kesana bersama nyokap dan kakak. *coret wishlist no.5*

Dulu selalu nyelutuk didalem hati ketika ngelihat orang pergi umroh padahal belum haji:. ngapain habisin duit buat umroh, mending tunaikan yang wajib dulu, naik haji. Eee sekarang sendirinya yang umroh :)

Kalo mau nunggu naik haji dulu baru kesana, itu lamaa banget, apalagi kalo berangkat dari padang, mungkin waiting listnya udh mencapai 10 tahun  lebih. kecuali kalo haji plus yang biayanya bisa 2xlipat. ditambah lagi skrg ada perluasan mesjidil haram yg kuotanya dipangkas .
Insya Allah nanti dikasih rezeki lagi buat naik haji. Aminn.
Memang sih rata-rata ibu2 ato bapak2 yang ikutan umroh itu mereka sebagian besar udh haji, bahkan di peserta kemaren sebagian besar udh umroh 2x., dari cerita mereka katanya rezeki ga abis2 kalo buat kesini

Banyak sekali travel-travel umroh yg menawarkan berbagai paket  dgn variasi harga, ada yang umroh plus timur tengah, dubai, israel , ada yg transit singapur, lewat kl dll. Tentu saja saya milih yang plus dubai. Penasaran banget kesana,banyak gedung-gedung yang ga masuk akal udh mereka bangun  jiwa kontraktor langsung terusik.

Pilihan akhirnya jatuh ke salah satu travel dipadang yang ada kerjasamanya dengan travel yang terpercaya dijakarta. Karena ga yakin juga mesen sendiri ke jakarta, takut di tipu. Akibatnya biaya lebih jd mahal.

Biaya umroh itu bervariasi tergantung dengan nilai dolar, sekamar mau berapa orang (pilihannya berdua, bertiga dan berempat), tergantung berangkat bulan apa, dan nginep di hotel bintang berapa.


Biayanya saat itu : 2400 USD/org untuk sekamar ber tiga, berangkat dibulan juni
Selama 10hari. (ini karena lewat pdg,kl langsung ke travel agen jkt bisa 2200-2300 USD)

Harga tersebut udh include biaya makan selama disana.

Biaya lain yang dibutuhkan:
-Suntik meninghetis : 150rb
-Biaya mahram : 300 rb ( ini untuk wanita yang pergi tanpa suami / belum menikah dibawah 45 thn)
- Uang untuk belanja disana , ga ush banyak2, kecuali kalo mau belanja heboh.


Fasilitas:
-Nginep di hotel bintang 3 dan 4
-Makanan indonesia
-Baju batik seragam
-Buku paduan
-Mukena 2 bh
-Mukena pendek 1
-Koper kecil
-Air zam2

Berangkat di bulan juni itu selainnya biayanya mahal karena musim liburan , juga panassss cinnn , suhu diatas 45 derajat . panas banget. dan rameee
Yang paling pas itu katanya berangkat sekitar april-mei  lebih sepi dan cuacanya juga ga panas.
jadi bisa gampang ke hajar aswad, berdoa di multazam, doa puas-puas di raudah dan tempat2 yang mustajab lainnya.

Perlengkapan yang dibawa:
- baju ihram, untuk wanita ini baju putih aja,  boleh bawahannya celana ato gamis.
- kaus kaki buat wudhu, yang ujungnya bisa dibuka itu
- kaos tangan
- kacamata item
- sendal dan kantung sendal
- kamera kecil aja bisa disembunyiin (karena ga boleh bw kamera ke mesjid)
- pelembab dll
-  mukena cukup yg dikasih dari travel aja, ringan .
-  jilbab panjang / mukena kecil ( tinggal pake gamis dan kaus kaki bisa buat sholat, lbh ringkes)
- obat dll
- duit cash, ( bahkan disana ada jg yang mau terima rupiah , pertanda orang indonesia mayoritas)
- Koper gede buat tempat oleh2  , daripada beli tas tambahan

Hari 1 , 5 juni 2013
Disuruh kumpul di terminal  2 pintu D1 soekarno hatta jam 2.30 siang, pesawatnya berangkat jam 6 sore.

briefing dulu


Kita dikumpulin dulu, dibagiin syal , buku panduan , dikasih arahan, doa bersama dll.
Di terminal itu isinya orang umroh semua, tandanya tentu saja mereka semua pake batik. Dan kok ya batik mereka lebih lucu-lucu *rumput tetangga lebih hijau*
Tapi memang bener, saya kurang suka dengan motif batiknya, ga bisa dipake buat ngantor di hari jumat :D.

Beberapa saat kemudian tibalah panggilan buat boarding..
Begitu masuk ke pesawat emirat langsung tercengangg
kok pesawatnya gede benerrr, seleret 10 tempat duduk n dengan 2 lorong.
trus dikasih selimut, headset, dll. 


si om bagiin handuk hangat buat ngelap muka

yumm

bahkan sempet-sempetnya foto toilet pesawat :p
Perjalanan sekitar 7-8 jam diisi dengan tidur, makan, nonton, dll


Ga sabar cepet-cepat sampe, selalu ngelihat air feature shownya

 Alhamdulilah akhirnya mendarat juga...



dubai international airport

langsung foto
perjalanan sejauh itu ga pake sepatu tapi pake sendal jepit doang :D


bersambung ya..














8 komentar:

Arman mengatakan...

biayanya $24 per orang? gak salah tuh?

doena mengatakan...

@arman aduh nol nya ketinggalan. 2400 USD. langsung benerin

alwaysalia mengatakan...

heh? bersambung lagi? *penonton mulai nimpuk

doena mengatakan...

@alia maksudnya kan baik al, pengen cerita detail ;p

Bebe mengatakan...

Waaah dirimu naiknya Emirates yaa? Ortuku pas umroh tahun lalu dapet pesawatnya charteran gitu. Aku pas dikasih tau stress.. hahaha..

Nunggu cerita sambungannyaaaaaa...

doena mengatakan...

@bebe iya naik emirates dan suka sekali dengan seragam pramugarinya. kerenn

amtinafl mengatakan...

semoga umrahnya berkah ya mba..

doena mengatakan...

@amtinafl aminn, thank you.