Sabtu, 22 Februari 2014

Kunjungilah baitullah selagi muda part 3


Bismilllah...
Pertama tama..hari ini saya lg ultah lo...*tiup tiup lilin*
Happy birthday to me happy birthday to me :D
di usia yg sudah tidak  muda lagi tp msh single ini, sy sungguh kesel kalo dipanggil ibuk dimana mana. kadang-kadang saya langsung bales pangil ibuk juga ke org yang manggilin itu walo kelihatan si mba nya masih kecil, emg enak dipanggil ibuk huahahaha.
sy memang takut tua tapi punya tampang tua dan memang udh tua :D

Baiklah mari melanjutkan cerita umroh..
Sebenernya draft cerita  ini udh selesai diketik di Msword beberapa waktu lalu, tapi keesokan harinya sang leptop dicuri orang dan saya ga punya backup foto2 umroh, jadilah lama banget baru punya hasrat untuk menulis lagi. Kemudian baru teringat kalo dulu  pernah posting beberapa foto di akun tumblr yang berarti bisa diambil *langsung donlot*
Kalo si maling yang beruntung itu bisa bukain password leptopnya , pasti  draft postingan umroh langsung muncul, karena saya hampir ga pernah matiin leptop , selalu di sleep aja dan sering ga nutupin file file. huftt *masih kesel*

ya sudahlah, alhamdulilah skrg udh dpt ganti soulmate yg lebih oke dengan spek dan bentuk sesuai yg saya mau, yayy . tp sumpah ini jgn dibilangin hikmah  dari hilangnya leptop yg lama ya ..

Ngelanjutin postingan yang ini..
Jadi perjalanan dari dubai ke medinah ditempuh dalam waktu sekitar 2jam  dng menaiki pesawat emirate. Jam 4 sorean udh nyampe di bandara Medinah. Sebelum ke imigrasi diingetin agar jangan jauh-jauh dari mahram..
Jadi jika kamu berjenis kelamin wanita  dng usia dibawah 45 tahun , belum menikah atau kalo pergi umroh tanpa suami wajib ada mahramnya. Mahram ini adalah seorang laki-laki, biasanya diambilin dari rombongan umroh yang sama. Dan jemaah umroh yg menggunakan mahram  dikenakan biaya untuk mahram ini, sekitar 3oorban. Peran mahram hanya sebatas untuk syarat administrasi aja. Kirain selama  disana, kemana mana harus sama mahram,ternyata tidak.


Selama di Madinah Al Munawaarah kita menginap di Hotel Al Anshar, sejenis hotel bintang 3.
Dari hotel ke mesjid nabawi dekat bisa ditempuh dengan jalan kaki sambil nutupin muka. Kenapa gitu? Panas bok, suhu sekitar 45 derjat celcius. Siang-siang ada angin, tapi anginnya itu juga panas. Ini ibarat kita lagi jalan diantara dua api unggun yang menyala *lebai*. Beginilah kalo umroh di bulan juni dimana arab lagi  hot hotnya. Btw ternyata pake cadar itu enak juga lo, adem dan terbebas dari debu.

Begitu sampe hotel, letakin koper dan tiba-tiba...... mati lampu.Ujian banget, udahlah di luar segitu panasnya, ditambah lg hotel mati lampu. Tidakkk
Ya Allah, ga di Arab ga dipekanbaru kok krisis listrik sih
E tapi kejadian disini  karena gardu listrik ato apalah gitu yg kebakar,mengakibatkan semua hotel pada mati. kecuali di Mesjid Nabawi. Mungkin karena hotel bintang 3 dengan persediaan solar terbatas, genset dipake cuma buat lampu koridor dan ngidupin satu lift aja, airnya aja mati, dan itu cukup lama lo... hampir sehari apa ya .ampun deh
Ga bisa komplen juga ke travel umrohnya, karena yang mati lampu itu di semua hotel.
Memang karena musim panas banget, bahkan sering kejadian ada hotel yang kebakar

Ya hikmahnya disuruh lama-lama di mesjid nabawi, ya tentu dong, masa udh jauh jauh kesini malah leyeh leyehan di hotel :D

Berapa lama dimedinah?
Sekitar 3 malam, nyampe di medinah di Kamis 6 Juni  pada sore hari dan bertolak ke Mekkah pada hari Minggu siang 9 Juni 2013.

Kegiatan dimedinah apa aja?
Beribadah di Mesjid Nabawi dan melakukan ziarah ke tempat-tempat yang bersejarah seperti Mesjid Quba, Mesjid Qiblatain, Jabal Uhud dan mengunjungi Perkebunan Kurma untuk belanja oleh2.

 Gimana rupa mesjid nabawi?
 very beautiful..
payung mengembang dipelataran mesjid

payung menutup disenja hari

Didalemnya kaya apa?
gambar dari sini
Di setiap kaki-kaki tiang ada grill tempat keluar udara dari ac nya.., Ga heran kalo didalem mesjid sejukkkkkk sekali dan sangat extrim bedanya dengan suhu udara diluar pada saat itu
Mesjid ini sangat luas, infonya bisa menampung sekitar 1jt an jamaah . Kubah di mesjid yang jumlahnya  lebih dari 20 an  bisa buka tutup otomatis. canggih

Air zam-zam tersedia didalem dan diluar mesjid, kalo didalem mesjidnya bentuknya seperti galon galon ini dan itu jumlahnya banyakk. jadi ga mungkin kehabisan. Airnya juga terdapat dua pilihan mau yang cold atau not cold. Disana ada petugas yang siap sedia mengontrol isi galonnya, dan itu menjadi tontonan yang seru ketika proses penggantian galon, sigap dan cepat.

gambar dari sini

Kalo diluar bentuknya seperti kran-kran begini

gambar dari sini
Trus, toiletnya seperti apa?

Kamar mandi dan tempat wudhu itu berada dibesmen dipelataran mesjid, ada eskalator dan tangga  menuju kesana. Jarak dari dalem mesjid menuju ke toilet ini cukup jauh , karena kan pelatarannya luas. Petugas kebersihan didalem mesjid ataupun yang di toilet itu jumlahnya banyak, dan ternyata banyak dari mereka merupakan merupakan TKI Indonesia. Dibalik cadar-cadar itu ngomong jawanya medok sekali.., ada juga sih yang ga bercadar.


tempat wudhu ada bangkunya

pintu kamar mandi nya dari besi

Apa yang spesial di mesjid ini?
Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Shalat di masjidku ini lebih baik daripada seribu kali shalat di masjid lain, kecuali Masjidil Haram.” (Muttafaq ‘alaih). - See more at: http://www.jurnalhaji.com/rukun-haji/menziarahi-kota-madinah-al-munawarah/#sthash.2q6UTmd8.dpuf
Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Shalat di masjidku ini lebih baik daripada seribu kali shalat di masjid lain, kecuali Masjidil Haram.” (Muttafaq ‘alaih). - See more at: http://www.jurnalhaji.com/rukun-haji/menziarahi-kota-madinah-al-munawarah/#sthash.2q6UTmd8.dpuf
Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Shalat di masjidku ini lebih baik daripada seribu kali shalat di masjid lain, kecuali Masjidil Haram.” (Muttafaq ‘alaih).
Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Shalat di masjidku ini lebih baik daripada seribu kali shalat di masjid lain, kecuali Masjidil Haram.” (Muttafaq ‘alaih). - See more at: http://www.jurnalhaji.com/rukun-haji/menziarahi-kota-madinah-al-munawarah/#sthash.2q6UTmd8.dpuf
Yak, pahala  sholat di mesjid ini gede sekali, makanya jangan sholat di hotel

Selain pahalanya gede, dimesjid ini juga terdapat makam rasululah SAW

Dulunya saya kira kita bisa ngelihat langsung kuburan beliau, ternyata kita hanya bisa ngelihat dindingnya aja seperti ini.

gambar dari sini

 Jangan kira gampang ya masuk ke sini, rame dan berdesak desakan dan pake giliran. ga kebayang deh kalo lagi musim haji.


dipintu masuk rawdah

Di dekat makam rasulullah ini terdapat rawdah. Yakni merupakan taman syurga 
Letak Rawdah ini adalah antara rumah Rasulullah dan Saidatina Aisyah dengan mimbarnya. Disana kita bisa lihat daerah raudah ini karpetnya ditandain beda.
Disinilah tempat yang paling mustajab untuk berdoa, ibaratnya kilat khusus . Jika doa disampaikan dengan setulus hati bersungguh sungguh akan dikabul olehNya.
Jadwal untuk mengunjungi rawdah dari travelnya itu pada hari Jumat Malam untuk jemaah wanita dan jumat pagi untuk pria. Karena kita bertiga udh penasaran , jadilah setelah sholat dhuha kita mengelilingi mesjid nabawi dan ketemu pintu menuju rawdah. Akhirnya berhasil masuk juga, antriannya jangan ditanya deh ya. Para laskar wanita arab aja udh kewalahan  menghadapin ibuk2 jemaah ummroh . dhudhuk ibuk dhudhuk ibuk begitu kata polisi wanita ini dibalik cadarnya;D
Nyampe didalem bengong, ini yang mana ya yg makam rasul , rawdah itu yg mana dll. Walaupun ibuk sy udh haji, tapi beliau ga sempat dulunya masuk ke rawdah ini saking ramenya

Setelah sholat isya kita ngikut rombongan ke rawdah dibimbing oleh satu ustadzah. Ustadzahnya bagus, orang indonesia yang udh lama menetap disini. Katanya kalo rawdah lagi lengang, dia sering menamatkan alquran disini. Kita dikasih tahu sejarah makam rasul , rawdah dll, trus apa yg harus dilakuin dan ga boleh dilakuin disana, trs nanti sholat apa aja didalem sana , bacaan dan doa2 . Baru ngerti deh, oo begitu ooo


 taman syurga, ornamennya emas  asli 24 karat
Dirawdah sholat dan berdoalah sepuas puasnya ya , tapi ga bisa puas juga karena waktunya dibatasin, karena banyak yang antri. 
Dari semua doa yang saya sampaikan ada beberapa yang sudah dikabulkan dan ada beberapa yang masih belum dijawab sampe sekarang oleh Nya, semoga dalam waktu dekat ya Allah. Aminnn.

Salah satu doa saya pada waktu itu: semoga termin proyek cepet cair, hahahaha
Iya sebelum berangkat umroh , pekerjaan di proyek lagi sibuk  bener, nagih termin  ga cair cair , dipersulit dan ribet banget urusannya, bikin stres semua orang. Alhamdulilah begitu diMekkah dapat sms terminnya udh cair,  langsung sujud syukur di Mesjidil harram. segitunya..
Selain itu juga mendoakan , doa titipan teman-teman

Kegiatan ziarah-ziarah  lain  yang dilakukan
- Mengunjungi Mesjid Quba

foto dari sini
Mesjid Quba adalah mesjid yang  pertama kali dibangun oleh Nabi Muhmmad SAW

Keutamaan mesjid ini:
 Menurut Hadits Nabi saw yang diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif radhiyallahu ‘anhum, ia pernah mendengar Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam bersabda: “Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia shalat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala umrah”.( HR. Tirmizi no. 298. Ibnu Majah no. 1401)


- Mengunjungi Mesjid Qiiblatain
foto dari sini
Mesjid ini dikenal dengan 2 kiblat, dimana dulu Rasulullah SAW pernah shalat dzuhur 2 rakaat menghadap ke arah Masjidil Aqhsa dan 2 rakaat menghadap ke arah Masjidil Haram . Penasaran kenapa? silahkan gugel sendiri ;p

- Mengunjungi Jabal Uhud
foto dari sini
Di lokasi ini tiada pepohonan, bisa dibayangin panasnya kaya gimana ya..
Disni dulu terjadi perang besar antara kaum muslim dengan kafir quraisy yang mengakibatkan sebanyak 70 orang para syuhada gugur. Sehingga rasulullah dulunya sering ziarah kesini.


-Perkebunan Kurma


foto dari sini

Sampe sekarang saya masih bingung ngebedain pohon sawit sama pohun kurma :D
Di sini kita bisa nyobain tester berbagai jenis kurma, ternyata jenis kurma itu beragam. Yang paling mahal itu kurma Ajwa yakni kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan ziarah-ziarah ini hanya butuh waktu setengah hari aja , berangkat pagi hari seusai sarapan dan kembali pada saat akan zuhur. Jadi sholat zuhurnya  dilaksanakan di Mesjid Nabawi 

Makannya gimana dimedianh?
Nah disini dari travel menyediakan makan untuk pagi, siang dam malam, Menunya masakan indonesia, ada kerupuk , buah dan sambal juga.  Minumannya juga lengkap ada teh, kopi dan air jeruk. Dari padang saya udh bawa rendang, cabe goreng,  sama kerupuk-kerupuk pedas kesukaan, sebenernya kalo ga bawa gpp juga, karena kateringnya lumayan enak. er perlu ding, manatau nanti dapet kateringan yang ga cocok.

Belanja dimana aja di medinah?

Mesjid nabawi ini dikepung oleh hotel dan penginapan yang di teras-teras ato didalem gedungnya banyak terdapat tempat perbelanjaan. Mau barang branded bisa beli di toko dalem hotel movenpik, mau barang2 murah ada dikaki lima ato ddi toko2 juga. lengkap

gambar dari sini
Sepanjang jalan dari hotel ke mesjid nabawi kita akan melewatin berbagai macam kaki lima, semua dihampar ditengah jalan. gimana ga tergoda ya jeung


haj haj beli, murah murah  lima reyal lima reyal

Yak, pedangan dimedinah bisa berbahasa indonesia, bahkan ada yg beberapa kita bisa belanja pake rupiah jg dan mereka bisa balikin pake riyal *tepuk tangan* .

Barang-barang yang dijual berbagai macam pasmina, mukena, tasbih, gamis dll, dan semuanya made in china. zzz.zzz.zz
Jauh jauh ke arab ketemu barang cina lagi cina lagi.

Ada salah satu ibuk peserta umroh di rombongan saya, beliau udh beberapa kali  umroh dan selalu udah beli oleh-oleh umroh duluan ditanah abang sebelum berangkat kesini. huahahaa
Yang mau dikasih oleh-oleh itu banyak mbak,  bisa sekomplek :o
 Dan bener juga sih, yang dikasih oleh2 juga ga akan bisa bedain , ini dari arab ato tanah abang.

Hasil belanja di medinah: kurma, pashmina, kupiah2, abaya hitam (dengan ukuran s tapi kaya ukuran xl di indonesia gede bener sampe skrg belum dikecil2in dan ini bukan made in cina, yay ;p), daster, sajadah, cincin2 dan lain-lain lah ya

Proses belanjanya ga dikhusus in juga, bisa habis sholat duha, truskeliling keliling ketemu yang lucu beli, ya gitu gitu deh.  Pokoknya kalo udh pulang ke hotel, rata-rata udh bawa plastik belanjaan ;p. Dasar jemaah indo, hobinya belanjong.


Ada dua hal yang ga kesampean di sini:
melihat proses buka tutup payung otomatis dan foto bareng anak anak kecil arab yang canticantikbanget!!. Semoga diberi rezeki ke sini lagi ya. Amin Ya Rabbal 'Alamin


Setelah mengunjungi  Madīnah al-Munawwarah selama 3 harian, sekarang kita bertolak menuju Makkah al-Mukarramah untuk melaksanakan ibadah inti yakni ibadah umroh. *deg deg an*



bersambung lagi teman-teman ;D
















6 komentar:

Arman mengatakan...

Mesjid Nabawi nya keren ya... Apalagi payung2 di depannya itu.

Btw happy birthday yaaa

dewi arisanti-mahardhika mengatakan...

Semoga gw bisa kesana juga ya..selamat ulang tahun, semoga apa yang didoakan terkabul dona

doena mengatakan...

@arman terimakasih ya :)

doena mengatakan...

@dewi Amin ya Rabbal Alaminn

Jenita mengatakan...

hi kak doena.!
salam kenal dan happy bday!! hehe..
wahh.. bagus bngt itu masjid.nya
ide payung sih super creative and look very pretty.. hehe..

doena mengatakan...

@jenita hi jen terimakasih ya ;)
payungnya kece, mesjidnya indah luar dan dalam