Minggu, 10 Agustus 2014

Kunjungilah baitullah selagi muda part 4 - the end



Watch out: postingan panjagggg (always)

Sesudah sholat zuhur, kita bertolak menuju kota mekah, perjalanan ditempuh sekitar 5 jam an.  Dan disepanjang jalan yang dilhat hanyalah hamparan gurun pasir , ga terlihat pohon,  apalagi sungai, sesekali tampak onta onta yang lagi asyik bermain, dan  beberapa orang yg sedang sholat di tepi jalan.

Yang menarik diperjalanan,  kita diceritakan tentang sejarah-sejarah nabi, sejarah daerah2 yang dilewati oleh ustadnya. Jadi teringat pelajaran sejarah islam dijaman MDA dulu.

Sebelum memasuki mekkah kita singgah di Bir Ali untuk mengambil miqot. Miqot ini merupakan daerah batas, dimana setelah melewati tempat miqot ini haruslah sudah dalam keaadaan berniat umroh dan berpakaian ihram.

Tempat miqot ini ada beberapa, kalo kita kemekkah dari medinah tempatnya di Bir Ali,dan biasanya kalo jemaah haji yang langsung kemekkah miqotnya bisa dipesawat.

Kita niat umroh diatas bus di bir Ali. Kenapa di bus? takutnya kalo sesebelum naik bus, banyak yang batal dan harus bayar dam. Karena larangan umroh itu lumayan banyak terutama buat laki-laki, diantaranya  tidak boleh menutup kepala. 

Seperti yang diketahui cuaca saat itu sangat esktrim panasnya, pastilah kalo keluar pada nutupin kelapa ngelindungin muka . Sementara untuk  wanita, salah satu larangan umroh adalah  tidak boleh memakai riasan/makeup , dll .Kelihatannya simpel, tapi justru yang simple simple kaya gini bikin lupa.  

Senja hari kita sudah sampai dikota mekkah dan langsung check in ke hotel dulu. Kita diminta kumpul lagi di lobby untuk bersama sama jalan menuju al haram.
Dan .. tiba tiba saya ngeliaat salah seorang ibu yang make riasan bedak lipstik, padahal kan belum boleh. Mau bilangin tapi ga jadi, karena rombongan udah mau jalan. Maafkan saya buk

Kita nginep di hotel Nawazi Ajyad Hotel sekitar 200 meter dari haram, plusnya hotelnya deket dari haram, minusnya jalanny mendaki. jadi hotel ini terletak di daerah yang tinggi. Walaupun pendakiannya pendek tapi curam banget. 

 
gambar dari sini
  
Bagi saya yang masih muda ini,  no problemo kalo disuruh jalan nanjak , tp kalo buat ibuk2 yang sudah berumur tentu jadi masalah yang serius . Btw kalo naik haji reguler, penginapan aja bisa 3km sendiri ya,  ke al haram pake shuttle bus, Jadi disyukuri saja.
 

Setelah cek in kita langsung berjalan menuju masjidil harram. Begitu mau menginjakkan kaki dimesjid kita dipandu ustad untuk melafalkan doa, terus masuk kedalam dan kelihatan lah kakbah dari jauh. Subhanallah …
 


Alat berat dimana mana, proyek perluasan masjidil harram


Macam macam ekspresi orang pada saat ngelihat kakbah, ada yang nangis, ada yang terdiam, terharu, takjub, biasa aja atau meraung dll.


Kita sholat jamak magrib  dan isya dulu disni, selesai sholat barulah  mulai  ibadah umroh.

Dimulai dengan tawaf, yakni ngelilingi kakbah sebanyak 7 puteran dengan melafalkan ayat ayat.



gambar dari sini

Kemaren karena lg proyek perluasan masjidil haram, jadi tawaf hanya bisa dipelataran kakbah, ga bisa ke atas.

 Setelah tawaf selesai, kita  minum air zam zam , dan lanjut dengan ibadah sa’i .

Karena berombongan, terpaksa harus nungguin peserta lainnya yang kebelet pipis yang mana toiletnya jauh diluar sana.





 
sa'i. gambar dari sini

 Sa'i ini adalah berjalan/berlari kecil dari bukit safa ke marwa dan sebaliknya sebanyak 7 kali (total bolak balik). Jarak antara bukit safa ke marwa ini sekitar 400 meteran,  kalo diakumulasikan sekitar 2,8 km juga. Jika capek, bisa istirahat dulu dengan minum air zam zam yang disediain di dekat lintasan.

Setelah sa'i, ibadah yang terakhir adalah tahallul, yakni ditandai dengan menggunting rambut. Kalo yang cewek dikit aja yang digunting. Kalo yang cowo biasanya habis dari sini langsung ke pangkas ngundulin rambut.


pak beye lagi guntingin rambut istri.., gambar dari sini


Selesai tahallul , maka selesai pulalah ibadah umroh, dan semua larangan umroh tadi sudah tidak berlaku lagi.

Kemudian kita kembali kehotel dan hari sudah menunjukkan pukul 12 malam.


Minggu, 9 Juni 2013
Rencana subuh di mesjid jadi batal karena telat bangun, kecapean banget semalaman. Alarm pun ga mempan buat bangunin. 
Setelah sarapan, kami langsung menuju mesjid.

Begitu sampai. Tercengang ...,
lah ini kok banyak banget tentaranya ada apa sihhh




gambar dari sini




Ee ternyata baru selesai acara pencucian  kak'bah, aduhh rugi banget deh ga ngelihat. Coba kalo subuh kemesjid pasti ngelihat prosesinya deh ;(.

Prosesi ini biasanya dilakukan sebelum bulan ramadhan dan kemaren dipimpin oleh gubernurnya sang pangeran... (ga tau namanya).


Senin 10 Juni 2013 - 11 Jun 2013

Kita dimekah sekitar 4 hari, Jadi kegiatan bareng rombongan hanya pada saat umroh dan ziarah2, sisanya acara bebas memperbanyak ibadah dan tak ketinggalan belanja belanja

happy face, selfie dipelataran masjidil haram




selfie lagi  dengan jam tangan murah nan kece made in china beli di mekkah





si anak pasrah aja digendong kaya gini




selesai sholat..



Rabu12 Juni 2013 

Hari ini agendanya jalan jalan, mengunjungi Jabal Tsur. Padang Arafah,  Jabal Rahmah ,Muzdalifah, Mina, Jabal Nur dan berakhir di mesjid Ja'ranah untuk ambil miqoat melaksanakan umroh yang ke 2. Untuk umroh yang ke 2 ini , bisa diniatkan untuk orang tua ,kakak, saudara, nenek dll.
tenda tenda kosong di padang arofah, ga dibongkar dan dipergunakan untuk musim haji




 Kamis13 JUni 2013

Hari ini kita akan meninggalkan kota Mekkah, dengan terlebih dahulu melaksanakan tawaf wa'da, yakni tawaf perpisahan. Sesudah tawaf ini diharapkan agar
secepatnya meninggalkan kota mekah. 

Selesai zuhur dihotel kita bertolak menuju Jeddah. Dari Jeddah  kembali terbang ke dubai tapi hanya untuk transit. Ini dikarenakan  menaiki pesawat emirate kepunyaan dubai jadi harus transit dulu.

Sampai di jeddah, terlihat berbagai macam monumen-monumen di jalan-jalan, unik unik banget. seperti salah satu dibawah ini:
 
monumen sepeda nabi adam, gambar dari sini



Di jeddah diajak city tour ,mengunjungi laut merah, mesjid terapung dan berakhir di pusat perbelanjaan hambalad. Cuaca disini ga sepanas di Mekkah..

Kita dirunkan di salah satu pertokoan dan disebelahnya ada jual bakso  yang terkenal dikalangan jemaah yang mana rasanya enak bangettttt kakakkk.

Yang ga dikunjungi itu mesjid Qisas, di tempat ini pelaksaan hukum pancung, potong tangan dll,.... Dari cerita ustad nih ya,  ga langsung potong tangan dulu, bisa jadi jari nya dulu, trus meningkat ke lain2nya tergantung tingkat kriminalnya. Setelah diceritain begitu, saya langsung merhatiin beberapa pengemis yang mana jarinya ada yang sudah ilang sepertinya bekas dipotong.   Wallahu A'lam .
 Di jeddah kita diinapkan dulu disalah satu hotel, yang mana kamar hotelnya gede banget, didalam kamar ada kamar. Nginep disini cuma beberapa jam saja, dari jam 6 sore sampe jam 12 malam.
Jam 12 malam, udh di calling untuk segera check out dan  menuju bandara haji Jeddah, padahal pesawatnya jam 5.15 pagi. zz zz

Sampai didubai  langsung ganti pesawat menuju Jakarta...
Bandaranya guide banget deh, dari gatenya aja kepesawat ada kali lebih dari 20 menitan pake bus. 

Nyampe Jakarta udah tengah malam, begitu mendarat langsung jetlag. My first jetlag :D.


Yang ga kesampean di Mekkah?
Menyentuh hajar aswad
Melihat posisi imam
Sholat dipelataran kakbah
Naik ke lantai atas mesjid
menglilingi semua area mesjid

Pernah diwaktu sholat, sang imam menangis ketika membacakan ayat. Walau ga tahu artinya, saya ikutan terharu dan nagis juga. Suaranya merdu sekali..
Bayangin aja deh lagi mimpin sholat tapi imamnya terisak isak, merinding  deh.

Belanja ter aneh saya disana adalah beli kursi, huehehe. kursi yang biasanya disediain di mesjid2 buat orag2 tua. Kursinya kecil tapi bisa kuat aja didudukin sama emak emak  iran yang berbadan besar, seperti yang diduga kursinya pun   made in  cina lagi cina lagi.
Ternyata kursi mirip mirip spt itu ada dijual di ace hardware zzz..zz..



Kemudian beli wafer/snack2 isi kurma di supermarket bin dawood depan mesjidil haram. Enakk, alternatif oleh oleh selain kurma. Selain itu juga beli kurma muda..


kurma muda

Bawa kurma muda ini, pernuh perjuangan, harus masuk kulkas karena akan cepat busuk. Kurma ini buat yang ingin punya anak.. katanya.

Alhamdulilah umrohnya berjalan lancar, dan hal yang paling ditakutkan ternyata ga kejadian disini, yakni mens disaat umroh :D. Memang saya umroh disaat jadwal mens , mau minum obat tapi kok takut efek sampingnya, akhirnya berdoa terus. Dan alhamdulilah banget sewaktu dipesawat dalam perjalanan dari Dubai ke Jakarta barulah si tamu datang :D.


Yay, akhirnya serial umroh ini selesai juga, semoga kita semua diberikan kesempatan lagi untuk beribadah kesana. 
Amin ya rabbal Alamin.

















Tidak ada komentar: